Arti Deskripsi

Posted on
Arti Deskripsi

Artikel makalah tentang Arti Deskripsi dan contohnya, meliputi dari pengertian, manfaat, ciri-ciri, fungsi, tujuan, jenis, struktur dan contohnya supaya mudah di pahami.

Apa arti deskripsi itu – Hal ini merupakan salah satu jenis paragraf yang sering kita di gunakan dalam bentuk tulisan atau sebagai objek supaya mudah untuk membacanya, secara umum deskripsi sebuah kata yang menggambarkan objek yang tertentu dan dapat dijelaskan dalam teks deskriptif dapat berupa orang, tempat, peristiwa, suasana, peristiwa, atau hal lainnya.

Baiklah supaya lebih mudah untuk memahaminya lansung saja simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Deskripsi

Deskripsi adalah sebuah kaidah suoaya dapat pengolahan data menjadi sesuatu parangraf sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat.

Dengan demikian Arti deskripsi juga dapat digunakan untuk menggambarkan benda-benda yang tertentu, dalam sebuah peristiwa, peristiwa dan hal-hal lain yang dapat di muat secara detail dan jelas.

Baca Juga: Pengertian Produksi

Ciri Ciri Deskripsi

Dari beberapa ulasan di atas, maka disini juga kami akan memberikan beberapa ciri-ciri yang terdapat pada deskripsi sehingga memiliki karakteristik tersendiri.

Berikut ciri-ciri deskripsi adalah :

  • Secara umum memiliki isi dan uraian yang mencakup penjelasan atau perincian tentang objek.
  • Deskripsi dapat menggabungkan panca indera (penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman, dalam peristiwa.
  • Deskripsi berisi gambar aktual suatu objek atau peristiwa secara terperinci,
  • Deskripsi dapat mengungkapkan fitur fisik objek, seperti ukuran, bentuk, warna, dan sifatnya.
  • Kata-kata dalam deskripsi selalu berisi kata atau sifat yang berbeda

Baca Juga: Pengertian Toleransi

Struktur Deskripsi

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri di atas maka di sini juga kami akan memberikan beberapa struktur yang terdapat pada deskripsi yang serta bagian-bagian intinya.

Berikut struktur deskripsi dan pengertiannya:

1. Identifikasi

Identifikasi merupakan salah satu bagian yang menjelaskan tentang sebuah penentuan dari identitas seseorang sehina dapat mengetahui benda atau objek.

2. Klasifikasi

Klasifikasi adalah salah satu unsur yang dapat di lakukan oleh penyusun yang berisikandari suatu suatu kelompok dengan kaidah yang sudah ditetapkan.

3. Bagian Deskripsi

Bagian deskripsi adalah salah satu bentuk sebuah paragraf inti yang termasuk dari bagian yang berisikan sebuah gambaran atau pemaparan terhadap suatu objek yang akan dibahas.

Jenis Jenis Deskripsi

Ulasan yang sudah kami bahas di atas, maka kami juga akan memberikan beberapa jenis yang terdapat pada deskripsi jika dilihat dari bentuk isi teksnya.

Berikut jenis-jenis deskripsi dan pengertiannya adalah:

A. Teks deskripsi subjektif

Teks deskriptif subyektif adalah sebuah teks deskriptif yang menggambarkan tentang objek yang berdasarkan kesan dari penulis, sehingga bentuk paragraf nya mudah di pahami.

B. Teks deskripsi spatial

Teks deskriptif spasial adalah sebuah teks deskriptif yang memgambarkan dalam bentuk objek sebagai tempat dan ruang atau sejenisnya.

C. Teks deskripsi objektif

Teks deskriptif obyektif adalah sebuah teks deskriptif yn mengambarkan sebuah objek dan dapat dibuat berdasarkan keadaan aktual objek, tanpa perlu komentar tambahan oleh penulis.

Baca Juga: Daya Tahan Artinya

Fungsi Deskripsi

Dalam bidang ilmu tertentu maka deskripsi selalu dibutuhkan oleh peneliti sehingga ia tidak hanya melupakan pengalaman yang telah dilaluinya karena meraka juga dapat membandingkan pengalaman peneliti sendiri dengan pengalaman peneliti yang lain.

Pada dasarnya deskripsi memiliki bentuk yang dapat mengkonfirmasikan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu dengan lengkap dan terperinci sehingga dapat di gunakan secara rinci.

Namun deskripsi juga dapat melakukan analisis yang dapat disajikan dalam bentuk deskripsi kata-kata tertentu sehingga satu sama lain akan saling terkait dan berhungan.

Contoh Tulisan Deksirpsi

Beberapa ulsan yang sudah di ketehui di atas maka kami akan memberikan contoh dari tulisan kalimat Deksirpsi adalah.

Seorang gadis cantik yang saya temui di halte bus di pinggir jalan, memiliki wajah bulat, matanya bulat dan cokelat. Mata gadis itu melebar, seolah keramahan yang menyipit itu dilengkapi oleh senyum ketika seseorang dengan lembut menyapanya.

Rambutnya yang hitam sebahu tampak melambai tertiup angin, menambah keindahan alami yang benar-benar mempesona. Kulitnya sangat putih sehingga memantulkan cahaya matahari, yang sangat panas sore itu. Kecantikannya terbungkus sepenuhnya dalam gaun putih selutut yang dikenakan.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami bahas mengenai ulasan tentang Arti Deskripsi dan contohnya serta manfaat, semoga artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Hubungan Internasional