Contoh Makalah Sederhana

Posted on

Contoh Makalah Sederhana – Apa itu makalah? Makalah adalah sebuah karya ilmiah yang berupa tulisan  dimana di dalamnya memiliki pembahsan pokok masalah yang telah berlandaskan teori. Biasanya makalah di tujukan untuk akademik ataupun non akademik.

Contoh Makalah Sederhana

Struktur Makalah

  • Cover yang berisis judul, logo, nama instansi dan identitas penyusun.
  • Kata pengantar
  • Daftar isi
  • Daftar gambar
  • Bab 1 Pendahuluan
  • Latar belakang
  • Identifikasi masalah
  • Rumusan masalah
  • Tujuan
  • Manfaat
  • Bab 2 pembahasan
  • Bab 3 penutup  (kesimpulan, kritik dan saran)
  • Daftar Pustaka

Untuk menjadikan makalah sempurna maka inilah beberapa tahap yang harus kamu lakukan untuk membuat makalah sederhana di antaranya sebagai berikut :

Contoh Makalah Sederhana

1. Menentukan Judul

Hal ini sudah menjadi dasar dalam pembuatan makalah yaitu dengan menentukan judul. Judul harus mewakili sebuah gagasan utama. Penulisan judul harus Capitalzed Each Word  (huruf pertama besar di setiap kata, kecuali kata penghubung).

2. Identitas Penyusun Makalah

Identitas ini di isi berdasarkan nama pembuat karyanya. Penulisan ini meliputi nama, kelas dan nomor absen.

3. Penyusunan latar belakang masalah

Latar belakang di susun harus sesuai dengan tema yang di ambil. Hal ini sebagai dasar topik di dalam pokok pembahasan.

4. Rumusan masalah

Rumusan masalah menjadi salah satu hal yang di ambil dari latar  belakang. Maka dari itu di dalam latar belakang harus  ada beberapa fenomena yang terjadi di dalam objek.

5. Tulislah Tujuan

Tujuan berisis mengenai pemecahan masalah di dalam rumusan masalah. Ini juga akan berksinambungan di bab pembahasan.

6. Isi / Pembahasan

Bab ini merupakan bab inti yang di kembangkan rumusan masalah hingga ke tujuan makalah. Pembahasan bisa di bumbui dengan beberapa penelitian atau riset, bisa juga seperti bukti – bukti yang terjadi dan masih banyak lagi. semua itu harus dapat di nalar dengan logika. Selain itu pastikan bahwa bahasa singkat dan detail.

7. Tarik Kesimpulan

Contoh Makalah Sederhana

Kesimpulan di ambil dari pembahasan. anda bisa menarik beberapa keterikatan dari semua makalah tersebut. kesimpulan tentunya menjadi salah satu hal yang mewakili dari sebuah makalah yang menjadi sebuah satu kesatuan. Kesimpulan ini harus singkat padat dan mencakup semuanya.

8. Saran

Pemberian saran bisa di tujukan kepada salah satu objek atau kepada peneliti setelahnya. Intinya saran ini bisa mencakup semua subjek di dalam pembahasan.

9. Bubuhkan daftar pustaka

Daftar pustaka menjadi salah satu sumber yang di gunakan untuk menjadi bahan rferensi peneliti berikutnya. Hal ini juga sebagai salah satu bentuk untuk mnghargai karya orang lain yang telah kita kutip.

Contoh Makalah Sederhana

PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL, KOMPENSASI NON FINANSIAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN

(Study Kasus Terhadap Karyawan Po.Persada – Lampung)

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Dalam Menyelesaikan Program strata satu (S1) Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Pekalongan

Disusun Oleh:

Nama                       : Chandra Gigih Saputra

NPM                        : 0115054571

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS PEKALONGAN

TAHUN 2019

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puja dan puji penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan berkah dan rahmatnya kepada  penulis, sehingga  penulis dapat menyelesaikan Skripsi yang berjudul “Pengaruh Kompensasi Finansial, Kompensasi Non Finansial, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja”. Skripsi ini disusun guna memenuhi syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan.

Penulis  menyadari bahwa keberhasilan dalam menyusun Skripsi ini, tidak lepas  dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada, Yang Terhormat:

  1. Kedua orang tua Ibu Rochmah dan bapak Susilo Raharto yang tidak henti-hentinya memberikan dukungan dan pengertian kepada penulis, serta memberikan semangat dan motivasi dalam menyelesaikan Skripsi ini.
  2. Kepada Dwi Chandra yang selalu memberikan semangat kepada penulis dalam penyusunan Skripsi.
  3. Kepada Adinda Nirmala , Diah Fatimah , Vinda Nur , Candra Gigih Saputra, Ponco Adi Nugroho, Bayti , Anis, Susi , Eka Alftia , Dian Napicha ,Usuwatun Khasanah , Nhindar , Agung , Juniar Chadra Utama, anna octa, Abdul Akhir, Ade Zahromni , Wisnu dwi anggoro, kawan-kawan SC, Rico Pratama, Budi Waluyo, Atatur, teman teman lainya yang selalu memberikan semangat kepada penulis dalam penyusunan Skripsi.

BAB I PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang Masalah

       Po. Persada Limpung sebagaimana perusahaan lainnya yang ingin mewujudkan tujuan dari peusahaan, sebisa mungkin memberikan pelayanan-pelayanan dan memberikan hak-hak serta sebisa mungkin mewujudkan harapan dari para karyawan. Akan tetapi masih ada beberapa persoalan dalam Po. Persada ini yang bersangkutan dengan para karyawan, terutama masalah yang berkenaan mengenai kepuasan kerja karyawan dalam organisasi. kebutuhan-kebutuhan yang sangat diperlukan oleh karyawan seperti kompensasi dan juga lingkungan kerja harus di penuhi oleh perusahaan.

       Beberapa permasalahan yang ada di Po. Persada yang  dikeluhakan oleh para karyawan Po. Persada adalah belum program-program proteksi yang diberikan oleh peerusahaan kepada karyawan seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pensiun dan asuransi tenaga kerja. Beberapa karyawan juga menngeluhkan tentang gaji atau upah, mereka merasa gaji atau upah yang di berikan oleh perusahaan masih dinilai kurang.

1.1.1.      Perumusan Masalah

       Berdasarkan  uraian diatas, maka secara spesifik masalah pokok dalam penelitian itu dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Bagaimana pengaruh kompensasi finansial terhadap kepuasan kerja karyawan Po.Persada ?

1.2.   Tujuan Penelitian

  1. Tujuan penelitian

       Berdasarkan perumusan masalah diatas maka, tujuan dari penelitian ini adalah :

  1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompensasi finansial terhadap kepuasan kerja di perusahaan Po.Persada.

BAB II Pembahasan

Pengaruh Kompensasi Finansial terhadap Kepuasan Kerja

       Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa Kompensasi Finansial (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja.Kompensasi finansial yang sesuai dengan harapa karyawan ditandai dengan adanya kepuasan kerja yang tinggi. Adanya kepuasaan terhadap pekerjaan yang diekspresikan pada rasa senang terhadap pekerjaannya. Apabila kebutuhan akan finansial karyawan dapat di penuhi oleh perusahaan  maka akan menumbuhkan kepuasan kerja.

PENUTUP

Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut.

  1. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa kompensasi finansial berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja .

Saran

Adapun saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut.

  1. Bagi Persada diharapkan meningkatkan Kompensasi Finansial, Kompensasi Non Finansial, dan lingkungan kerja karyawan karena ketiga variabel tersebut secara statistik berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja karyawan.

Daftar pustaka

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga.

Chalimah dan Zahro. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekalongan: Universitas Pekalongan.

F.A.Q

Apa itu makalah?

Makalah adalah sebuah karya ilmiah yang berupa tulisan  dimana di dalamnya memiliki pembahsan pokok masalah yang telah berlandaskan teori.

Demikianlah pembahasan tentang contoh makalah sederhana yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat…

Baca juga :