Contoh Paragraf Induktif

Posted on

Contoh Paragraf Induktif – Apa itu paragfraf induktfif? Paragraf induktif merupakan sebuah paragraf yang  memposisikan kalimat utama di akhir paragraf.

Contoh Paragraf Induktif

Biasanya paragraf ini di mulai dengan kalimat penjelas dan di akhiri dengan kalimat utama di dalam sebuah topik pembahasan. kalimat utama dalam paragraf ini dapat berupa fakta, rincian, contoh, dan sebuah bukti.

Ciri Ciri Paragraf Induktif

Adapun beberapa ciri – ciri dari kalimat ini adalah sebagai berikut :

  • Penjelasan khusu di letakan di bagian awal paragraf
  • Pola paragraf ini adalah khusus – khusus – khusus – umum
  • Kesimpulan di paragraf ini adalah kalimat utama
  • Akhir paragraf adalah kalimat utama

 Jenis Jenis Paragraf Induktif

Beberapa jenis dari paragraf ini sebsuai dengan pola pengembangannya  adalah sebagai berikut :

1. Generalisasi

Pola ini adalah di muali dengan beberapa penjelasan khusus hingga ke kesimpulan. Kesimpulan dalam pola ini adalah umum sifatnya. Pada kalimat terakhir adaah gagasan utama dari paragraf tersebut. penalaran ini biasanya di gunakan sebagai pengembang sebuah paragraf.

Contoh Paragraf Induktif

2. Analogi

Pola ini berdasakan dengan perbandingan yang memiliki kemiripan pada 2 hal. Dengan menggunakan persamaan ini maka akan timbul persamaan lainnya yang akan menjadi sebuah kesimpulan.

3. Sebab-akibat/ Kausalitas

Pola ini adalah menggunakan pengembangan sebab dan akibat yang di awali dengan beberapa hubungan sebab – akibat yang berdasakan fakta. Dalam pengembangan pola ini terdapat tiga macam yakni pola sebab – akibat, sebab – akibat 1 akibat 2 dam akibat – sebab.

Contoh Paragraf Induktif Generalisasi

Contoh Paragraf Induktif

Setelah melakukan pendataan dan di lakukan analisis, ternyata 20% orang indonesia di bagian barat memiliki masalah dengan mengenai pendapatan. Hal ini di karenakan 20% tersebut masih belum memiliki pekerjaan sehingga mereka tidak dapat mendapatkan uang untuk memnghidupi dirinya sendiri.  Sedangkan di indonesia di bagian selatan 30%  yang memiliki masalah mengenai pendapatan di karenakan  belum bekerja. Hal ini menunjukan bahwa pemerataan penyediaan pekrjaan kurang sedikit lagi untuk mencapai sempurna.

Contoh Paragraf Induktif Analog

Roda pada mobil yang dijalankan oleh pengendara akan terus berpitar. Hal ini yang terjadi pada kehidupan manusia yang kadang di atas kadang juga di bawah. Saat keadaan di bawah artinya kita harus sabar karena banyak ujian yang sangat berat pada waktu itu. Saat kehidupan di atas kita pun harus sadar bahwa masih ada saudara kita ynag kekurangan. Saat di kehidupan d bawah jangan lupa untuk selalu berkerja keras mencari jalan keluar sehingga anda akan di atas kembali. Hal ini sama dengan roda saat pengendara menyetik mobilnya maka roda akan berputar ketas ke bawah. inilah sebuah kehidupan, dimana kehidupan manusia terasa seperti perputaran roda.

Contoh Paragraf Induktif Kausalitas

1. Pola Sebab-Akibat

Saat aku melanjutkan pendidikanku di Universitas Jakarta tepatnya di fakultas ekonomi, aku selalu giat dalam belajar. Tiap selesai dari kampus aku elalu mengulang pembelajaran yang dosen berikan. Setelah itu aku baru istirahat dan beribadah. Pada malam tiba akau belajar untuk mata kualiah di esok hari. Setelah pukul 09.00 PM  aku tidur dan kembali bangun untuk melaksanakan sholat tahajud. Aku selalu mengadah kepada tuhan agar memberikan kehidupan yang layak untuk aku dan keluargaku serta aku meminta kesuksesan di dunia maupun di akhirat. Setelah itu aku kembali tidur dan saat subuh aku bangun untuk mandi dan sholat serta mengaji alquran. Ikhtiar ini aku lakukan demi membuat hidupku semakin baik dan aku bisa lulus dengan nilai tertinggi. Benar saja aku mendapatkan hadiah dari segala ikhtiarku, ya! Aku lulus dengan predikat terbaik di kampusku setelah segalanya kulakukan.

2. Pola Akibat-Sebab

Lulus dari universitas, sekarang aku telah bekerja  di luar negeri. Aku merasa senang  banyak pengalaman di sini. Bekerja di luar negeri berbeda dengan di indonesia karena gajinya lebih tinggi. semua teman – temanku di kampus merasa iri denganku karena nasibku yang baik saat ini. bagaimana tidak? Gajiku sekarang  hampir 100 juta perbulan di luar negeri. Pekerjaanku sangat bergengsi bahkan orang asli sinipun belum tentu dapat bekerja di sini. Banyak bonus di tempat kerjaku seperti berangkat kantor pagi – pagi. Ya, berangkat kantor pagipun masuk kedalam bonus yang akan cair di tanggal yang telah di tentukan. Sungguh nikmat hidupku saat ini. ini semua karena aku tidak pernah meninggalkan kewajiban ibadahku kepada tuhan dan juga tetap bekerja keras dalam mencapai suatu cita – cita.

3. Pola Sebab-Akibat 1-Akibat 2

Pembuangan sampah di sungai sudah seperti menjadi tradisi di desaku. Hal ini sudah lama di lakuka n oleh beberapa orang sehingga orang lainpun ikut – ikutan. Namun, siapa sangka ini berdampak besar bagi desa kita. Pasalnya pembuangan sampah dapat menyumbat aliran air sehigga saat hujan terjadi banjur. Belum lagi pencermaran air pada sungai akibat orang membuang sampah di sungai.

F.A.Q

Apa itu paragfraf induktfif?

Paragraf induktif merupakan sebuah paragraf yang  memposisikan kalimat utama di akhir paragraf. Biasanya paragraf ini di mulai dengan kalimat penjelas dan di akhiri dengan kalimat utama di dalam sebuah topik pembahasan. kalimat utama dalam paragraf ini dapat berupa fakta, rincian, contoh, dan sebuah bukti.

Baca juga :