Contoh Penutup Makalah

Posted on

Contoh Penutup Makalah – Penutup adalah salah satu bagian penting dalam sebuah karya ilmiah. Biasanya penutup ini berisi tentag simpulan dan keterbatasan penelitian.

Contoh Penutup Makalah

Cara Membuat Kata Penutup dalam Makalah atau Laporan

Beberapa hal yang bisa membuat penutup makalah ini baik adalah sebagai berikut :

  1. Isi berupa analisis dari sebuah kajian pustaka dan intepretasi dari materi yan di angkat.
  2. Terdapat saran untuk para pembaca
  3. Berisi tentang penjelasan singkat
  4. Tidak mengulang menyimpulkan  materi yang tidak ada di pembahasan

Contoh Penutup Makalah yang Baik dan Benar

Contoh Penutup Makalah

Kesimpulan

Dari hasil pemaparan penulis maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan bahan pengawet dan pemanis dengan kada berlebih tidak bisa di konsumsi oleh anak. Hal ini karena sangat membahayakan untuk ksehatan manusia. Maka dari itu perlu adanya pencegahan dari sejak dini. Pencegahan meliputi penyediaan jajan yang sehat di kantin – kantin sekolah atau bisa juga bekal dari rumah.orang tua harus ikut andil dalam hal ini.

Saran

Banyak kekurangan dari penelitian yang penulis lakukan maka penulis berharap peneliti selanjutnya dapat memperbaiki penelitian ini dengan baik dan benar. Oleh karena itu penulis membutuhkan banyak kritik dan saran dari pembacauntuk hasil karya penulis.

Contoh penutup makalah

Kesimpulan

Kesimpulan dari hasil pembahasan makalah ini adalah sebagai berikut :

  1. Hasil pengamatan terhadap official website Unilever menunjukkan bahwa Unilever telah mencoba memanfaatkan laman resminya untuk mengungkapkan program CSR yang dilakukannya, baik dari sisi tata kelola perusahaan dan pelaporan, kebijakan lingkungan dan kebijakan sosial.
    1. Penelitian ini menunjukkan bahwa Index Publisitas Unilever adalah 13, index tersebut diperoleh dari tata kelola perusahaan dan pelaporan sebanyak 4 kategori, dari dasar kebijakan terhadap lingkungan yang dilakukan sebanyak 4 kategori, dan dari sisi kebijakan sosial sebanyak 5 kategori. Dengan demikian Unilever telah mengungkapkan 13 informasi yang relevan dengan CSR kepada publik melalui official website-nya.

Saran

Berdasarkan pada hasil pembahasan dan kesimpulan diatas penulis memberikan saran yaitu :

  1. Pada penelitian berikutnya sebaiknya dilakukan survey index publisitas untuk mengetahui berapa banyak perusahaan, khususnya yang beroperasi di Indonesia, yang telah memanfaatkan official website-nya untuk mengungkapkan CSR yang dilakukannya.
  2. Penelitian di atas tidak menyertakan kualitas informasi yang disajikan sehingga terbuka untuk dilakukan pada penelitian berikutnya. Sebaiknya pada penelitian berikutnya disajikan kualitas informasinya sehingga di penelitian berikutnya dapat menjadi lebih baik.

Contoh Penutup Skripsi

Contoh Penutup Makalah

Simpulan

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut.

  1. Kompensasi Finansial (X1), Kompensasi Non Finansial (X2) dan Lingkungan kerja (X3)  berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja.
    1. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa kompensasi finansial (X1) berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja (Y). Dengan nilai sig 0,016 dan nilai t sebesar 2,504.
    1. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa kompensi non finansial (X2) berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja (Y). Dengan nilai sig sebesar 0,018 dan nilai t sebesar 2,454.
    1. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa lingkungan kerja (X3) berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja (Y). Dengan nilai sig sebesar 0,028 dan nilai t sebesar 2,272.

Keterbatasan Penelitian

 Keterbatasan dalam penelitian ini terletak pada jumlah variabel penelitian, penelitian ini hanya meneliti Kompensasi Finansial (X1), Kompensasi Non Finansial (X2) dan Lingkungan kerja (X3) sedangkan masih banyak variabel penelitian lain yang mungkin berpengaruh terhadap Kepuasan kerja yang belum masuk dalam penelitian ini seperti motivasi dan kepemimpinan

Saran

Adapun saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut.

  1. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian lanjutan dengan variabel bebas diluar dari penelitian ini
  2. Peneliti selanjutnya juga dapat merubah alat analisis yang digunakan seperti analisis jalur.
  3. Bagi Persada diharapkan meningkatkan Kompensasi Finansial, Kompensasi Non Finansial, dan lingkungan kerja karyawan karena ketiga variabel tersebut secara statistik berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja karyawan.

Contoh Laporan Prakerin

A. Kesimpulan

Dari pemaparan di atas maka dapat di simpulkan bahwa kegiantan Prakerin Kerja Lapangan sungguh bermanfaat untuk siswa dan siswi SMK. Selain itu kegiatan ini juga sebagai salah satu sarana dalam mengasah ketrampilan para siswa dan siswi.

B. Kesan

Kesan yang kami rasakan selama melakukan kegiatan ini adalah sangat senang dan banyak wawasan. Banyak ilmu yang kami dapatakan di kegiatan ini. selain itu pengalaman yang kami dapatkan akan kami dapatkan akan di kembangkan lagi di lingkungan sekolah kami. sehingga akan lebih bermanfaat untuk orang banyak.

C. Saran

Dalam melengkapi laporan ini maka kami akan menyampaikan beberapa saran di antaranya sebagai berikut :

  1. Menguasai teori dengan lengkap
  2. Keselamatan kerja harus di utamakan
  3. Manajemen waktu sangat penting

F.A.Q

Apa itu penutup makalah?

Penutup adalah salah satu bagian penting dalam sebuah karya ilmiah. Biasanya penutup ini berisi tentag simpulan dan keterbatasan penelitian.

BACA JUGA :

  • Struktur Teks Prosedur
  • Lompat Jauh
  • Teknik Lompat Jauh
  • Materi Pencak Silat