Doa Masuk Masjid

Posted on
Doa Masuk Masjid

Artikel makalah tentang Doa Masuk Masjid meliputi dari adab memasuki masjid, shalat sunnah wudhu, shalat dua rakaat sebelum duduk, dalam ajaran agama islam.

Doa masuk masjid salah satu perbuatan yang umat Islam sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT karena hal ini sikap untuk mengawali aktifitas pada saat berada di dalam masjid dan dianjurkan membaca do’a.

Masjid juga merupakan tempat yang suci di mana tempat yang sangat bagus untuk beribadah kepada Allah SWT karena tiada tempat yang paling nyaman untuk melakukan ibadah selain pada saat di masjid.

Alangkah baiknya ketika pergi dan menuju ke masjid disunahkan untuk membaca do’a karena hal ini merupakan ajaran agama islam dan ajaran Nabi Muhammad.

Doa Masuk Masjid termasuk salah satu hal yang dianjurkan karena membaca nya juga merupakan salah satu adab kita kepada Alloh SWT.

Untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasan di bawah ini:

Doa Masuk Masjid Sesuai Sunnah Rossul

Doa-masuk-masjid

Artinya

Ya Alloh ya tuhanku, bukakan lah bagiku pintu rahmat Mu

Dalam agama Islam sangat dianjurkan kepada umatnya untuk membaca do’a sebelum masuk ke masjid karena untuk mengikuti ajaran dan sunah nya Nabi Muhammad.

Agama islam yang saat ini semakin berkembang dan banyak generasi untuk memberikan manfaat pada alam semseta maka Doa masuk masjid ini merupakan salah satu adab yang sangat baik pada saat masuk ke tempat ibadah.

Masjid juga memiliki bentuk dan bangunan yang memiliki ciri khas yang khusus dan terdapat khubah di atas nya itu manandankan sebuah tempat ibadah nya orang-orang muslim.

Dengan demikian terkadang masjid mempunyai nama-nama yang tercantun di dalam asmaul husna karena menandankan itulah nama-nama Alloha yang patut di sembah.

Baca Juga: Agama

Contohnya:

  • Masjid al-ikhlas
  • Masjid an-nur
  • Masjid istiqlal
  • Masjid nurul falah
  • Masjid nurul iman
  • Masjid baiturahman

Masjid yang sering di kenal sebagai tempat yang suci yang dimana orang – orang muslim dapat melakukan ibadah kepada Allah SWT itu lah menandakan sebagai umat Islam.

Adab Sebelum Kita Memasuki Masjid

Adab-ke-Masjid

Setelah mengetahui beberapa uraian di atas maka dianjurkan juga untuk mengetahui tentang adab-adab pada saat memassuki masjid, hal ini juga setiap muslim wajib tahu.

Berikut beberapa Adab memasuki masjid diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Tujuan Berdoa & Waktu Mustajab

1. Mendahulukan kaki kanan

Dalam islam hal yang haru di ketehui tentang tata cara memasuki masjid sebaiknya mendahulukan kaki kanan karena hal ini merupakan salah satu adab kita kepada Alloh dan Rosulnya.

Rasulullah pada saat melakukan segala sesuatu beliau selalu mendahulukan kaki bagian kanan karena hal ini sangat beik dan mencerminkan adab kita kepada Alloh.

ketika masuk ke tempat-tempat ibadah terkadang tidak terdapat aturan khusus dalam Al Qur’an sehingga hal ini merupakan salah satu anjuran dari Rasulullah.

2. Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid

Setelah membaca doa dan berpakaian yang rapi dan sopan untuk menghadap Alloh ketika di dalam masjid, dianjurkan juga untuk melakukan shalat sunah dua rakaat.

Shalat sunah itu disebut sebagai shalat Tahiyatul Masjid hal ini juga merupakan ajaran dari Rasulullah pada saat berada di dalam masjid sebelum duduk dengan tumakninah.

3. Niat Kepada Allah Ta’ala

Seseorang yang akan menuju ke masjid harus meluruskan niatnya sehingga Allah Ta’ala dapat menerima ibadah yang akan kita lakukan pada saat berada di dalam masjid.

Hal ini juga merupakan tugas seorang hamba pada saat beribadah kepada Allah Ta’ala dan sesungguh nya setiap amalan tergantung pada niat nya.

4. Membaca doa masuk masjid

Adab yang selanjutnya pada saat memasuki masjid adalah berdoa hal ini juga merupakan salah satu adab yang di anjurkan oleh Rasulullah karena Doa itu merupakan pujian kita kepada Alloh dan mengharap Ridhonya.

5. Berdoa Ketika Keluar Masjid Atau Mendahulukan Kaki Yang Kiri

Adab ketika masuk ke dalam masjid ada juga doa pada saat keluar dari masjid atau tempat ibadah tesebut dan hendaknya mendahulukan kaki yang keri karena hal ini juga dianjurkan hendak meninggalkan tempat Ibadah dan Rasulullah juga telah mengajarkan nya kepada umatnya.

6. Matikan alat komunikasi

Ada yang selanjutnya pada saat berada di dalam Masjid sebaiknya semua alat komunikasih harus di non-aktifkan karena hal ini dapat menggangu orang yang akan melakukan beribadah kepada Alloh.

7. Ber-wudhu

Adab yang ini sangat lah di wajibkan karena pada saat menhadap Alloh dan pada saat memasuki masjid sedidaknya harus membersihkan terlebih dahulu badan.

Sehingga harus membersikan tubuh dari hadast maka kita harus Wudhu sebelum memasuki Masjid hal ini juga merupakan hal yang di anjurkan oleh Rasulullah.

Nah demikian yang dapat kami sampaikan mengenai ulasan tentang doa masuk masjid, Semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Doa Menurut Agama Islam