Fungsi Cawan Petri

Posted on
Fungsi Cawan Petri

Artikel makalah tentang Fungsi Cawan Petri dalam mikrobiologi dan cara penggunaannya dalam laboratorium dan cara kerja cawan petri pada alat kedokteran.

Apa itu Cawan Petri,,, merupakan salah satu wadah yang berbentuk bundar yang terbuat dari plastik atau kaca sehingga cawan petri ini selalu dipasangkan pada sel yang lebih kecil untuk wadah sebagai penutup. Hal ini sebauh peralatan bahan kimia yang digunakan sebagai penyelidikan tropi untuk mengukur bakteri atau biji-bijian.

Untuk lebih jelasnya lansung saj simak pembahasan di bawah ini:

Pengertian Cawan Petri

Cawan-Petri

Cawan petri adalah wadah yang bundar dan bewarna pitih atau bening yang terbuat dari kaca atau plastik dengan penutup yang menjadi aksesori penting pada laboratorium sehingga memiliki berbagai fungsi untuk pengembangan kultur sel dan bakteri atau sebagai virus yang akan diselidiki.

Fungsi Cawan Petri pada terobosan ilmiah dapat dicapai dengan wadah yang sederhana dalam struktur yang kecil karena Penemu cawan Petri ini oleh Julius Richard pada tahun 1877 yang dapat digunakan berbagai alat untuk reproduksi budaya.

Sebagian besar ilmuwan banyak menggunakan mangkuk atau botol datar yang tidak rentan terhadap kontaminasi pada saat itu sehingga paramedis menganggap mangkuk datar sebagai solusi yang ideal untuk penyimpanan dan organisasi.

Cawan petri biasanya untuk pertumbuhan media dengan berbagai nutrisi dari organisme yang sulit tumbuh sehingga dalam menggunakannya membutuhkan lingkungan yang khusus.

Cawan petri juga dapat digunakan untuk keperluan misalnya:

  • Untuk mengajarkan para siswa cara memindahkan benih
  • Untuk alat transparan
  • Supaya siswa dapat mengikuti perkembangan
  • Untuk menempatkan jaringan sebagai analisis dengan mikroskop.

Cawan petri juga dapat digunakan untuk sebagai eksperimental dasar pada cairan atau mengeringkan cairan pada pertumbuhan sel yang diintegrasikan pada sirkuit elektronik atau sebagai kloning organ studi mikrobiologi yang sederhana.

Selain itu cawan Petri dapat ditempatkan dalam mikroskop untuk analisis selanjutnya sehingga dapat digunakan untuk tujuan eksperimental dasar seperti menghapus data.

Baca Juga: Fungsi Stomata

Fungsi Cawan Petri

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa fungsi yang terdapat pada cawan petri itu sendiri, Cawan petri sebuah alata laboraturium yang berfungsi untuk membiakkan mikroba pada media yang dapat dituang ke bagian bawah cawan sebagai alat penutup.

Cawan petri juga tersedia berbagai ukuran dengan diameter gelas yang biasa digunakan seperti 15 cm hingga 15-20 ml atau diameter 9 cm hingga 10 ml media.

Berikut beberapa fungsi dari alat cawan perti adalah sebagai berikut:

  • Fungsi dari alat cawan perti sebagai alat jaringan yang dapat ditempatkan dalam mikroskop untuk melakukan analisis dengan tujuan eksperimental secara dasar dan dapat juga untuk menghilangkan cairan atau mengeringkan cairan.
  • Fungsi dari alat cawan perti sebagai alat yang dapat dihancurkan setelah dibuang untuk kultur bakteri pada saat digunakan untuk kultur sel sehingga dapat melakukan nya dengan media pertumbuhan dari berbagai nutrisi.
  • Fungsi dari alat cawan perti dan alat nya juga terbuat dari plastik atau tutupnya dan selalu digunakan berpasangan yang akan digunakan sebagai wadah untuk memeriksa dari bahan kimia dan membudidayakan bakteri.

Baca Juga: Contoh Campuran Homogen 

Cara Penggunaan Cawan Petri

Beberapa ulasan di ata di sini juga terdapat beberapa cara kegunaan cawan petri, hal ini biasanya digunakan untuk memiringkan kultur sel yang sangat kecil sehingga menjadi media kultur sel tidak akan mendapatkan ruang yang banyak.

Setelah terkontaminasi meskipun tabung tertutup rapat dengan kapas dengan mudah untuk di gunakan dan dapat juga melindungi kultur sel dari kontaminasi.

Nah berikut cara dalam penggunaan cawan petri diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Cawan petri dapat digunakan setelah alat tersebut sudah di sterilkan dengan Autoclave.
  • Caawan perti dibutuhkan untuk membunuh mikroorganisma yang dapat memungkinkan pada dalam mikroorganisma.
  • Setelah di sterilisasi dapat mengisi dengan berbagai media agar dapat mengandung nutrisi dengan indikator, antibiotik yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan Bekteri.
  • Jika ingin mengeluarkannya dari kulkas perhatikan suhu ruangan kemudian ambil sampel bakteri atau mikroorganisme dengan menggunakan kapas supaya media tidak terajadi kerusakan.
  • Tutup cawan Petri dengan benar dan simpan pada suhu ruangan pada suhu 37 ° C
  • Cawan Petri digunakan sebagai peralatan laboratorium di bidang biologi.
  • Cawan Petri dapat menyediakan tempat yang dapat melindungi dari proses kontaminasi.

Demikianlah sayang dapat kami sampaikan mengenai pembahasan tentang Fungsi Cawan Petri dan pengertian secara umum, semoga dengan adanya artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pemisahan Campuran