Sila Ke 1

Posted on

Apa itu sila ke 1 dari Pancasila? Sila ke 1 dari pancasila adalah ketuhanan  yang maha esa. Artinya kita harus memiliki kepercayaan terhadap tuhan yang telah menciptakan kita dan seisi bumi ini.

Makna Sila Ke 1

Dengan kita mepercayai tuhan  maka kita tidak akan menyakiti saudara sebangsa dan setanah air, apalagi terjadinya pertentangan. Beberapa makna dari sila ke 1 adalah :

Percaya dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-maisng menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab

Mempercayai adanya tuhan adalah salah satu hal yang paling utama dalam hiup. Mempercayai adanya tuhan yang maha esa sama saja anda harus saling menyayangi seluruh umat tuhan karena begitulah  cara tuhan menyayangi makhluknya.

Makna dari sila ke 1 dari Pancasila adalah harus taqwa kepada tuhan yang maha esa sesuai dengan kepercayaannya masing – masing. Hal ini  untuk menumbuhkan rasa kasih sayang yang lebih kepada sesama manusia.  Karena jika ada tuhan di dalam hati kita bahkan untuk mnyakiti orang lainpun kita enggan.

Hormat dan menghormati serta bekerjasama antara pemeluk agama dan penganut-penganut kepercayaan yang berbeda-beda sehingga terbina kerukunan hidup

Sila ke 1 adalah memiliki makna bahwa kita harus saling menghormati sesama manusia sehingga tidak ada pertikaian yang terjadi.

Makna Sila Ke 1

Para pemeluk agama juga harus memiliki rasa toleransi terhadap agama lain. Hal ini untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara. Terciptanya kerukuran dalam bernegara adalah bukti bahwa kita menjalankan sila pertama.

Saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing

Kebebasan  beribadah tentunya sudah  menjadi hak banyak orang.  hal ini adalah salah satu amalan dari sila ke 1. Saling menjalankan toleransi dalam beragama adalah salah satu hal yang harus anda mengerti.

Orang yang memiliki rasa toleransi yang tinggi dalam menjalankan agamanya maka dialah salah stau orang yang sangat ta’at dalam beragama.

Tidak memaksakan suatu agama atau kepercayaannya kepada orang lain

Kepercayaan tumbuh seraya adanya rasa ta’at kepada tuhan. Jika anda ta’at kepada tuhan dan mengamalkan sila pertama tentunya anda harus menghargai agama lain.

Menghargai agama lain adalah dengan tidak memaksa orang lain untuk percaya kepada agama yang kita anut. Dengan demikian amalan sila pertama panca sila dapat di jalankan dengan benar.

Frasa Ketahuan Yang Maha Esa bukan berarti warga Indonesia harus memiliki agama monoteis namun frasa ini menekankan ke-esaan dalam beragama

Dalam menjalankan sila pertama dalam panca sila memang kita harus selalu menumbuhkan rasa ke – esaan tuhan yang senantiasa ada pada setiap saat.

Selain itu ke – esaan tuhan adalah sebuah bentuk bahwa kita sebagai warna negara harus bersatu dengan agama lain dalam bentuk kekeluargaan.

Mengandung makna adanya Causa Prima (sebab pertama) yaitu Tuhan Yang Maha Esa

Amalan sila pertama tentunya adanya segala hal berawal dari sang pencipta yakni tuhan. Untuk itu kita harus menjalankan segala aturan tuhan dengan hidup yang rukun.

Jika nantinya terjadi pertikaian maka ada sesuatu yang harus di ingat yakni adanya ke esaan tuhan yang mengharuskan kita bersam saling hormat – menghormati serta menghargai satu dengan lainnya.

Menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya

Tuhan memang satu namun setiap orang memiliki kepercayaannya sendiri dalam beragama dirinya pasti punya cara untuk menyeb=mbah tuhan dengan cara ajaran agamanya.

Makna Sila Ke 1

Sebagai warna negara yang baik maka kita harus mengedepankan rasa toleransi terhadap agamanya masing – masing. hal ini juga tenntunya tidak ada bentuk intimidasi apapun dari pihak manapun dari agama manapun. Karena setiap agama mengajarkan kebaikan maka hormatilah agama lain.

Negara memberi fasilitas bagi tumbuh kembangnya agama dan iman warga negara dan mediator ketika terjadi konflik agama

Fasilitas dalam beribadah adalah sebuah hal yang perlu di miliki dan di sediakan oleh negar. Hal ini untuk mengamalkan sila pertama pancasila tentan ketuhanan yang maha esa.

Jika segala fasilitas beribadah sudah tumbuh maka selanjutnya kita harus saling menghargai satu sama lain. Dengan tidak merusak fasilitas agama lain. 

Jika terjadinya konflik antar agama maka ngara harus mampu menjadi mediator sehingga antar umat beragama kembali kumpul dan sejahtera.

Bertoleransi dalam beragama, dalam hal ini toleransi ditekankan dalam beribadah menurut agama masing-masing

Bertoleransi dalam beragama tentu bukan hal yang tabu karena ini suatu hal yang penting menyangkut kesejahteraan sebuah bangsa. Bangsa yang sejahtera adalah bangsa yang selalu mengedepankan rasa toleransi beragama.

Bahkan seseorang yang memiliki agama terkuat sekalipun tentu adalh orang yang dapat bertoleransi. Maka dari itu jaga terus toleransi beragama kita demi kesatuan negara indonesia.

Nah itulah beberapa makna sila pertama dari pancasila yang harus anda pahami.

F.A.Q

Apa itu sila ke 1 dari Pancasila?

Sila ke 1 dari pancasila adalah ketuhanan  yang maha esa. Artinya kita harus memiliki kepercayaan terhadap tuhan yang telah menciptakan kita dan seisi bumi ini

BACA JUGA