Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli dan Sejarah Aplikasi

Posted on

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli – Apa itu aplikasi? Aplikasi merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mengolah data dengan aturan serta ketentuan tertentu dan menggunakan bahasa pemograman tertentu. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli beserta Sejarah perkembangan aplikasi, Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Pengertian Aplikasi

Secara umum, Aplikasi adalah suatu program yang berbentuk perangkat lunak (Software) yang berjalan di suatu sistem tertentu yang saat sangat berguna dalam membantu berbagai aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Selain pengertian aplikasi yang kami jelaskan di atas, terdapat banyak sekali pengertian lain dari kata ‘Aplikasi’ yang telah dikemukakan oleh para ahli mengenai pengertian Aplikasi tersebut.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Untuk menambah pemahaman kita mengenai pengertian aplikasi ini, Maka di bawah ini akan kami bahas dari pendapat-pendapat yang telah di kemukakan oleh para ahli, diantaranya ;

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (1998:52)

Aplikasi merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mengolah data dengan aturan serta ketentuan tertentu dan menggunakan bahasa pemograman tertentu.

  • Yuhefizar

Aplikasi merupakan sebuah program yang sengaja dibuat dan dirancang serta dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dalam melakukan suatu pekerjaan tertentu.

  • Harip Santoso

Aplikasi merupakan suatu kelompok file (class, form, report) yang bertujuan untuk melakukan kegiatan tertentu yang saling berhubungan, misalnya seperti aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dan yang lainnya.

  • Jogiyanto (1999:12)

Aplikasi merupakan suatu intruksi / pernyataan yang ada di suatu perangkat keras (Hardware) baik itu komputer atau smartphone yang di rancang sedemikian rupa agar bisa mengolah suatu masukan (input) menjadi keluaran (output).

  • Rachmad Hakim S

Aplikasi merupakan perangkat lunak yang dipergunakan dalam tujuan tertentu, seperti mengatur Windows, mengolah dokumen, dan lainnya.

  • Ali Zaki dan Smitdey Comunity

Mereka berpendapat bahwa aplikasi merupakan komponen yang sangant bermanfaat sebagai media untuk melakukan pengolahan data maupun kegiatan lainnya seperti pengolahan atau pembuatan dokumen & file.

  • Hengky W. Pramana

Menurut Hengky W. Pramana, Aplikasi merupakan satu unit perangkat lunak(Software) yang sengaja dibuat dan rincang untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai kegiatan atau pekerjaan, seperti kegiatan periklanan, pelayanan masyarakat, perniagaan, permainan, dan berbagai aktivitas lainnya.

  • Hendrayudi

Menurut pendapat Hendrayudi bahwa Aplikasi yakni merupakan kumpulan perintah program yang dibuat dan rancang untuk melakukan kegiatan maupun pekerjaan-pekerjaan tertentu.

  • Ibisa

Menurut Iblisa, Aplikasi merupakan alat bantu yang mempermudah dan mempercepat proses kegiatan atau pekerjaan bag yang menggunakannya.

  • Djokopran & Eko. I

Menurut Djokopran & Eko.I, Aplikasi merupakan prosedur aliran data dalam infrastruktur teknologi informasi yang sangat bermafaat bagi para pengambil keputusan yang sesuai dengan jenjang & kebutuhan (relevan).

  • Sri Widianti

Menurut Sri Widianti,  Aplikasi merupakan sebuah Perangkat lunak (software) yang bertugas sebagai font end di suatu sistem yang dipsksi dalam mengolah bermacam-macam data sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi penggunanya dan juga sistesistemm- yang berkaitan.

Sejarah Perkembangan Aplikasi

Sebelum berkembang seperti saat ini terdapat sejarah yang sangat panjang dalam proses ditemukannya aplikasi ini. Tidak seperti aplikasi yang sekarang ada pada komputer yang mana  dapat berjalan secanggih saat ini, Semua perangkat lunak mengandalkan Aljabar Boolean.

Yang mana Aljabar ini menggunakan kode binary digit yang terdiri dari 2 angka yakni, 1 (On/Benar) & 0 (Off/ Salah). yang menjadikan rumitnya (terlalu panjang) penggunaan kode binary digit ini menjadikan orang-orang pada saat itu mulai membuat atau merancang kelompok-kelompok bit yang terdiri dari word ( 2 byte), nible (4 bit), byte (8 bit), & doubel word (32 bit).

Dengan dibuatnya kelompok bit ini cukup membantu pengguna dalam berbagai kegiatan yang dilakukan di perangkat lunak(Software) komputer. Dengan adanya beberapa kelompok bit yang ada ketika itu, yang mana sekarang menjadikan orang-orang mulai merancang kode-kode tersebut menjadi berbagai struktur instruksi seperti operasi logika, transfer, dan penyimpanan, hingga pada akhirnya bebrnya terciptalah kode-kode baru yang dikenal dengan nama assembler. Kode-kode assembler ini nantinya menjadi cikal-bakal dibuatnya berbagai aplikasi yang saat ini dapat mempermudah dan mempercepat kegiatan manusia.

Demikianlah pembahasan kami mengenai materi pengertian aplikasi menurut para ahli beserta sejarah perkembangan aplikasi. Semoga bermanfaat..

Artikel lainnya :