Pengertian Kinerja Menururt Para Ahli – Faktor, Karateristik Dan Indikator

Posted on

Pengertian Kinerja Menururt Para Ahli – Apa itu kinerja ? Kinerja merupakan tingkat dimana karyawan mencapai persyaratan-persyaratan pekerjaan yang telah di tetapkan. Untuk lebih jelas lagi kami akan mengulas nya secara lengkap mulai dari Pengertian,Pengertian Kinerja menurut para ahli, Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja, Karateristik Kinerja Dan Indikator Kinerja, Jadi, Simaklah ulasannya di bawah ini.

Kinerja
Kinerja

Pengertian Kinerja

Kinerja adalah sebuah perwujudan kerja yang dilakukan karyawan dan umumnya digunakan sebagai dasar atau acuan penilaian terhadap karyawan dalam suatu organisasi. Kinerja yang baik ialah suatu langkah untuk mencapai tujuan suatu organisasi oleh karena itu, Kinerja juga di definisikan sebagai sarana penentu dalam mencapai tujuan suatu organisasi karenanya perlu diupayakan untuk meningkatkan  kinerja karyawan.

Pengertian Kinerja Menurut Para Ahli

  • Anwar Prabu Mangkunegara, (2006:67)Kinerja merupakan hasil kerja secara kuantitas dan kualitas yang dicapai seorang pegawai dalam melaksanakan tugas dan sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.
  • Hubeis Dan Mangkuprawira, (007:153)Kinerja merupakan hasil dari pekerjaan tertentu secara berencana pada waktu dan tempat dari karyawan serta organisasi bersangkutan.
  • Griffin, (1987)Kinerja merupakan salah satu kumpulan total dari kerja yang ada pada diri pekerja (Karyawan).
  • Hersey and Blanchard, (1993)Kinerja adalah suatu fungsi dari motivasi dan kemampuan. Untuk melaksanakan pekerjaan seseorang harus memiliki derajat kesediaan dan tingkat kemampuan tertentu. Adapun ketrampilan seseorang masih tidak cukup efektif untuk mengerjakan pekerjaan tanpa pemahaman yang jelas tentang apa yang akan dikerjakan dan cara mengerjakannya
  • Stolovitch and Keeps, (1992)Kinerja di artikan sebagai seperangkat hasil yang dicapai dan merujuk pada tindakan pencapaian serta pelaksanaan sesuatu pekerjaan yang diminta
  • August W. Smithkinerja merupakan hasil atau keluaran dari suatu proses
  • Donelly, Gibson and Ivancevich, (1994)Pengertian kinerja merujuk pada tingkat keberhasilan dalam mengerjakan tugas serta kemampuan mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  • Robbins (1996)Kinerja adalah fungsi interaksi antara Motivasi, kemampuan dan kesempatan atau Kinerja = ƒ(A x M x O); artinya: kinerja adalah fungsi dari kemampuan, motivasi dan kesempatan
  •  Schermerhorn, Hunt and OsbornKinerja didefinisikan sebagai kualitas dan kuantitas pencapaian tugas-tugas, Baik itu dilakukan oleh individu, kelompok maupun perusahaan.
  • HasibuanKinerja merupakan hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugasnya atas kecakapan, usaha dan kesempatan.  Kinerja juga merupakan suatu hasil yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu menurut standar dan kriteria yang telah ditetapkan.
  • Henry Simamorang
    Kinerja merupakan tingkat dimana karyawan mencapai persyaratan-persyaratan pekerjaan yang telah di tetapkan.
  • Roger Dawson
    Kinerja merupakan suatu yang dicapai, Prestasi yang diperlihatkan mengenai kemampuan kerja pegawai sehingga menghasilkan sesuatu yang optimal.
  • John Whitmore
    Kinerja merupakan pelaksanaan yang dituntut dari seseorang (Karyawan), Kinerja juga merupakan suatu perbuatan, suatu prestasi, suatu pameran umum ketrampikan.
  • Barry Cushway
    Kinerja ialah menilai bagaimana seseorang telah bekerja dibandingkan dengan target yang telah ditentukan.
  • Veizal Rivai ( 2004 : 309)
    Kinerja ialah perilaku yang nyata yang ditampilkan setiap pekerja sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai dengan perannya dalam perusahaan.
  • Moch. As’ad (1989:48)
    Kinerja merupakan kesuksesan seseorang (Karyawan/pegawai) didalam melaksanakan suatu pekerjaan.
  • Robert L. Mathis dan John H. Jackson Terjamahaan Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira (2001 : 78)
    Mereka menyatakan bahwa kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja

Faktor Kinerja

  • Efektifitas dan efisiensi

Prawirosentono, 1999:27 : Kita bisa mengatakan bahwa kegiatan tersebut efektif apabila akibat-akibat yang tidak dicari kegiatan menilai yang penting menurut hasil yang dicapai sehingga mengakibatkan kepuasan meskipun efektif dinamakan tidak efesien. Sementara, bila akibat yang dicari-cari tidak penting atau remeh maka kegiatan tersebut efesien.

  •  Otoritas

Otoritas merupakan sifat dari suatu komunikasi atau perintah dalam organisasi formal yang dimiliki seorang anggota  kepada anggota organisasi yang lain untuk melakukan suatu kegiatan kerja sesuai yang dengan kontribusinya .
Perintah tersebut mengatakan yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dalam organisasi tersebut.

  • Disiplin 

Prawirosentono, 1999:27 : Disiplin merupakan taat kepada hukum dan peraturan yang berlaku. Jadi, disiplin karyawan adalah kegiatan karyawan yang bersangkutan dalam menghormati perjanjian kerja dengan organisasi dimana dia bekerja.

  • Inisiatif 

Inisiatif yakni berkaitan dengan daya pikir dan kreatifitas dalam membuat ide untuk merencanakan sesuatu yang berkaitan dengan tujuan organisasi.

Karakteristik Kinerja Karyawan

Karakteristik karyawan

Beriku ini Beberapa karakteristik orang yang memiliki kinerja tinggi adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki tanggung jawab yang tinggi.
  2. Tidak takut mengambil dan menanggung resiko.
  3. Mempunyai tujuan yang realistis.
  4. Mempunyai rencana kerja yang menyeluruh serta berjuang untuk merealisasi tujuan tersebut .
  5. Memanfaatkan umpan balik yang konkrit dalam seluruh kegiatan kerja yang dilakukannya.
  6. Mencari sebuah kesempatan untuk merealisasikan rencana yang telah diprogramkan.

Indikator Kinerja Karyawan

Indikator kinerja

Menurut Robbins, 2006:260 Indikator untuk mengukur kinerja karyawan secara individu ada enam indikator, yakni :

  1. Kualitas
    Kualitas kerja bisa diukur dari persepsi karyawan terhadap kualitas pekerjaan yang dihasilkan serta kesempurnaan dari tugas terhadap keterampilan dan kemampuan karyawan.
  2. Kuantitas.
    Kuantitas merupakan jumlah yang dihasilkan dan dinyatakan dalam istilah seperti jumlah unit, jumlah siklus aktivitas yang diselesaikan.
  3. Ketepatan waktu.
    Ketetapan waktu adalah tingkat aktivitas yang dapat dilihat dari sisi koordinasi dengan hasil output serta memanfaatkan waktu yang tersedia untuk aktivitas yang  lain.
  4. Efektivitas.
    Efektivitas ialah tingkat penggunaan sumber daya organisasi (bahan baku, teknologi, uang dan tenaga) dimaksimalkan dengan maksud menaikkan hasil dari setiap unit dalam penggunaan sumber daya.
  5. Kemandirian.
    Kemandirian ialah tingkat  karyawan yang nantinya akan dapat menjalankan fungsi kerjanya.
  6. Komitmen kerja
    Komitmen Kerja Merupakan suatu tingkat dimana karyawan mempunyai komitmen kerja dengan instansi dan tanggung jawab karyawan terhadap kantor.

Demikianlah ulasan kami mengenai Pengertian Kineja Menurut Para ahli , Semoga bermanfaat …

Artikel Lainnya :