20 Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli [Lengkap]

Posted on

20 Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli – Laporan keuangan merupakan sebuah informasi yang diharapkan dapat memberikan bantuan kepada pengguna didalam membuat keputusan ekonomi yang bersifat financial. Untuk lebih jelasnya lagi simaklah ulasan kami mengenai Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli di bawah ini.

Laporan keuangan

Pengertian Laporan

Laporan keuangan adalah catatan mengenai informasi keuangan dari perusahaan pada suatu waktu akutansi, yang digunakan untuk menyatakan kondisi maupun kinerja dari suatu perusahaan.

Pengertian lain, Laporan keuangan diartikan sebagai catatan informasi keuangan yang akan disusun rapi oleh perusahaan untuk mengevaluasi kinerja perusahaannya, yang mana hal tersebut penting untuk memenuhi berbagai pihak yang menggunakannya.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah pendapat para ahli mengenai pengertian laporan keuangan, diantaranya ;

1. Sundjaja dan Barlian (2001:47)

Menurut Sundjaja & Barlian, Laporan yakni merupakan sebuah laporan yang menyatakan hasil dari proses akuntansi yang dipakai sebagai alat komunikasi oleh beberapa pihak yang berkepentingan dengan data keuangan maupun aktivitas perusahaan.

2. Munawir (2002: 56)

Menurut Munawir, Laporan merupakan alat yang sangat penting untuk mendapakan informasi yang  lengkap dengan posisi keuangan & hasil operasi yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan.

3. Farid dan Siswanto, (2011:2)

Menurut Farid dan Siswanto, Laporan keuangan merupakan sebuah informasi yang diharapkan dapat memberikan bantuan kepada pengguna didalam membuat keputusan ekonomi yang bersifat financial.

4. M. Sadeli (2002:2)

Menurut M. Sadeli, Laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi & merupakan informasi histories. Adapun arti akuntansi ialah proses pengidentifikasian, mengukur serta melaporkan informasi ekonomi guna membentuk pertimbangan & upaya mengambil keputusan yang tepat oleh pengguna informasi tersebut.

5. SAK (Standar Akuntansi Keuangan)

Menurut SAK, Laporan Keuangan yakni merupakan bagian dari salah saut dari proses pelaporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi laporan laba rugi, neraca, laporan perubahan posisi keuangan yang disajikan dalam berbagai cara, misalnya : Sebagai laporan arus kas, catatan & laporan lain dan juga materi penjelasan yang merupakan bagian dari integral dari laporan keuangan tersebut.

6. Sofyan S. Harahap dalam buku “Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan” (2006: 105)

Menurut Sofyan S. Harahap, Laporan Keuangan merupakan laporan yang menyatakan keuangan dan hasil perusahaan pada waktu-waktu tertentu.

7. Bridwan (2004:17) dalam buku “Intermediate Accounting”

Menurut Bridwan, Laporan keuangan ialah ringkasan dari sebuah proses pencatatan, dan juga merupakan suatu ringkasan dari transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku tersebut.

8. Hanafi dan Halim (2007:49)

Menurut Hanafi & Halim, Laporan keuangan yakni adalah sumber informasi yang penting disamping kondisi perekonomian, pangsa pasar perusahaan, informasi industri, kualitas manajemen dan yang lain-lainnya.

9. Machfoedz dan Mahmudi (2008:1.18)

Menurut Machfoedz & Mahmudi, Laporan keuangan yakni adalah hasil akhir dari suatu proses akuntansi yang mana proses akuntansi ini dimulai dari bukti transaksi, yang kemudian dicatat dalam buku harian yang disebut jurnal, dan selanjutnya secara periodik dari jurnal dikelompokkan menjadi satu ke dalam buku besar sesuai dengan transaksinya, tahap terakhir dan proses akuntansi yakni penyusunan laporan keuangan.

10. Harnanto (2002:31)

Menurut Harnanto, Laporan keuangan yakni adalah hasil akhir dari suatu proses akuntansi, yang terdiri dari 2 laporan utama yaitu neraca & laporan perhitungan laba rugi serta berupa laporan yang sifatnya sebagai pelengkap seperti misalnya laporan laba yang ditahan serta laporan sumber atau laporan perubahan posisi keuangan atau penggunaan dana.

11. Gumanti (2011:103)

Menurut Gumanti, Laporan keuangan yakni adalah ringkasan dari harta, kewajiban & kinerja operasi selama suatu periode akuntansi tertentu.

12. Sutrisno (2012:9)

Menurut Sutrisno, Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses akuntansi yang meliputi 2 laporan utama yakni neraca dan juga laporan laba-rugi. Adapun laporan keuangan ini disusun dengan maksud guna menyediakan informasi keuangan suatu perusahaan kepada berbagai pihak yang berkepentingan untuk menjadi bahan pertimbangan di dalam mengambil keputusan.

13. Wahyudiono (2014:10)

Menurut Wahyudiono, Laporan keuangan merupakan laporan pertanggung jawaban manajer dan pimpinan perusahaan atas pengelolaan perusahaan yang dipercayakan kepada pihak-pihak dari luar perusahaan.

14. Irham Fahmi (2012:22)

Menurut Irham Fahmi, Laporan Keuangan adalah suatu informasi yang menyatakan kondisi perusahaan yang selanjutnya akan menjadi suatu informasi yang menggambarkan tentang kinerja suatu perusahaan.

15. Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) (2012:5)

Menurut IAI, Laporan keuangan merupakan struktur yang menyajikan posisi keuangan serta kinerja keuangan dalam sebuah entitas. Adapun tujuan umum dari laporan keuangan tersebut untuk kepentingan umum yakni penyajian informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan dan arus kas dari entitas yang sangat berguna untuk membuat keputusan ekonomis bagi para pengguna.

16. Munawir (2002:56)

Menurut Munawir, Laporan keuangan yakni menjadi alat yang sangat penting dalam memperoleh infomasi yang sehubungan dengan posisi keuangan serta hasil operasi yang sebagaimana telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan.

17. Gitman (2012:44)

Menurut Gitman, Laporan keuangan merupakan Annual report that publicly corporations must provide to stockholders; it summarizes & documentesion the firms financial activities during the past year.

18. Warren dan Fees (2009:24)

Menurun Warren & Fees, Laporan Keuangan yakni merupakan setelah transaksi dicatat kemudian disajikan bagi pengguna. Laporan akuntansi yang menghasilkan informasi demikian disebut dengan laporan keuangan.

19. Kasmir (2014:7)

Menurut Kasmir, Laporan keuangan yakni laporan yang menyatakan kondisi keuangan perusahaan pada saat ini maupun dalam suatu periode yang akan datang.

20. Bambang Riyanto (2012:327)

Menurut Bambang, Laporan keuangan yakni memberikan usaha mengenai keadaan finanziil suatu perusahaan, yang mana Neraca (Balance Sheets) menyatakan nilai aktiva, utang serta modal sendiri pada waktu-waktu tertentu dan laporan rugi dan laba (income statement) menyatakan hasil-hasil yang telah dicapai selama periode tertentu, umumnya meliputi periode satu tahun.