15 Pengertian Program Menurut Para Ahli [Lengkap]

Posted on

15 Pengertian Program Menurut Para Ahli – Apa itu program? Program adalah sekumpulan instruksi yang digunakan sebagai pengatur komputer supaya dapat menjalankan perintah tertentu. Untuk lebih jelasnya simaklah ulasan kami mengenai Pengertian Program Menurut Para Ahli di bawah ini.

Pengertian Program Menurut Para Ahli

Pengertian Program

Program adalah sekumpulan instruksi yang digunakan sebagai pengatur komputer supaya dapat menjalankan perintah tertentu. Apabila tidak ada program, komputer tidak dapat berbuat apa-apa, Seperti mesin kosong. Karena itulah program menjadi bagian dari beberapa aspek penting dari sebuah komputer.

Selain itu, Program komputer ialah sekumpulan instruksi yang ditulis guna melaksanakan fungsi spesifik dari komputer. Adapun sebuah komputer sangat memerlukan adanya program agar dapat menjalankan fungsinya, Biasanya hal ini dilakukan menggunakan cara mengeksekusi sekumpulan instruksi program tersebut pada prosesor.

Pengertian Program Menurut Para Ahli

Pengertian Program Menurut Para Ahli

Agar menambah pemahaman kita mengenai Pengertian Program ini, Maka simaklah pendapat para ahli mengenai Pengertian Program, Adapun para ahli tersebut diantaranya ;

  • Menurut kkbi (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, program dalam ilmu komputer yakni adalah program yang diciptakan serta dirancang secara khusus sehingga komputer melakukan fungsi tertentu.

  • Sukrisno

Menurut Sukrisno, Program merupakan ekspresi, kata dan juga pernyataan yang disusun & dirangkai menjadi satu kesatuan dalam prosedur, berupa urutan langkah, guna menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan memakai bahasa pemrograman sehingga bisa dieksesuksi oleh komputer.

  • Amikom Yogyakarta

Menurut Amikom, Program merupakan kumpulan instruksi sebuah komputer,  Sementara metode & tahapan sistematis dalam program disebut algoritma.

  • Janner Simarmata

Menurut Janner, Program yakni adalah sebuah aplikasi yang diciptakan dengan menggunakan bahasa program tertentu & sudah terinstal di dalam komputer.

  • Ema Utami

Menurut Ema, Program yakni merupakan bahasa pemrograman.

  • Anwar Harjono

Menurut Anwar, Program yakni merupakan urutan instruksi untuk menjalankan suatu komputasi.

  • Sindhunata

Program yakni merupakan kelompok pernyataan yang sama persis dan berurutan yang berguna untuk memberi informasi komputer cara bagaimana melaksanakan sesuatu pekerjaan.

  • Saifuddin Anshari

Menurut Saifudin, Program yakni merupakan daftar terinci mengenai acara & usaha yang akan dilaksanakan.

  • W.P

Program komputer adalah kumpulan-kumpulan instruksi yang ditulis guna melakukan fungsi spesifik pada komputer.

  • Sunarto, Kom.

Menurut Sunarto, Program yakni merupakan sekumpulan instruksi yang ditampilkan dalam bentuk kode, bahasa, skema, maupun yang lainnya, yang mana jika digabungkan dengan media yang dapat dibaca oleh komputer akan membuat komputer bekerja dalam melakukan fungsi-fungsi khusus.

  • Wiryanto Dewobroto

Menurut Wiranto, Program merupakan hasil penyusunan detail langkah-langkah solusi (algoritma) dari masalah tersebut.

  • Agoeng Widyatmoko

Menurut Agoeng, Program yakni sebagai aplikasi hasil analisis pemecahan masalah yang diciptakan dalam bentuk program komputer.

  • Sugiyono (2005:21)

Program yakni adalah sebuah rangkaian instruksi yang menggunakan bahasa komputer yang disusun secara logis & sistematis.

  • Yulikuspartono (2009:29)

Program adalah sekumpulan instruksi / statement dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer.

  • Binanto (2009:1)

Menurutnya, Pemograman bisa diartikan dalam berbagai hal, yakni ;

  1. Mendeskripsikan instruksi tersendiri atau yang di sebut juga dengan disebut Souce Code yang dibuat oleh programmer.
  2. Mendeskripsikan keseluruhan bagian dari software (Perangkat Lunak) yang executable.
  3. Program yakni adalah kumpulan instruksi tertulis yang diciptakan oleh programmer atau bagian executable dari suatu software ( Perangkat Lunak).
  4. Pemrograman yaitu artinya membuat program komputer.
  5. Pemrograman yakni merupakan kumpulan urutan perintah pada komputer untuk mengerjakan perintah. Adapun perintah-perintah ini memerlukan suatu bahasa tersendiri yang mana bahasa tesebut dapat dimengerti oleh komputer.

Demikianlah ulasan kami mengenai materi Pengertian Program Menurut Para Ahli, Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya :