Pengertian Sholat, Syarat, dan Rukun-Rukun Sholat

Posted on

Pengertian Sholat, Syarat, dan Rukun Sholat – A. Syafi’i khusyu’ : Sholat adalah menyengaja, ikhlas, tunduk lahir dan batin; dengan menyempurnakan keindahan bentuk ataupun sikap lahirnya, serta memenuhinya atau diiringi dengan kehadiran hati dan kesadaran serta pemahaman segala ucapan dan sikap lahiriyahnya. Untuk lebih jelasnya kami akan mengulas materi Pengertian Sholat, Syarat, dan Rukun-Rukun Sholat secara lengkap. Simaklah ulasannya di bawah ini.

 

Pengertian Sholat

Sholat, pengertian sholat jika secara bahasa adalah do’a, Jika secara istilah, sholat adalah ibadah wajib yang mana yang telah di tentukan karena ada pula Sholat sunah namun keduanya ini terdiri dari ucapan & perbuatan yang berawaal dari takbiratul ihram hingga salam dengan rukun serta persyaratan tertentu.

Sedangkan hakekatnya, sholat adalah menghadapkan jiwa atau hati kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yang mana dengan begitu dapat melahirkan rasa takut kepada Allah Azza Wa Jalla serta bisa meningkatkan rasa syukur dan kesadaran pada setiap jiwa terhadap Kekuasaan & Kebesaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Semenetara Menurut Ash Shiddieqy, sholat adalah jiwa shalat atau rukhus shalat; yakni maksudnya berharap sepenuhnya kepada Allah.Swt dengan sepenuh hati & jiwa raga, dengan kekhusyu’an dihadapan Allah.Subhanau Wa Ta’ala serta ikhlas yang diiringi dengan hati yang terus menerus berdzikir, berdo’a & memuji-Nya.

Pada saat melaksanakan sholat haruslah kita selalu berusaha dalam menjaga kekhusu’an. adapun definisi mengenai khusyu ini ialah, khusyu’ dalam bahasa Arab ialah al-inkhifaadh (merendah), adz-dzull (tunduk), dan as-sukuun (tenang). Secara terminologi, khusyu’ yakni ialah seseorang yang melaksanakan shalat yang dimana orang tersebut merasakan kehadiran Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang amat dekat kepadanya.

Definisi lain, Khusyu’ adalah tunduk dan takhasysyu’ yakni membuat diri menjadi khusyu’. Khusyu’ ini dapat melalui suara, gerakan atau pengelihatan, Ketiga hal tersebut menjadi tanda kekhusyu’an bagi orang dalam melaksanakan ibadah/ sholat.

Menurut Imam A. Syafi’i khusyu’ adalah tunduk baik lahir maupun batin dan menyengaja ikhlas,; dengan menyempurnakan keindahan bentuk ataupun sikap lahirnya, serta memenuhinya atau diiringi dengan kehadiran hati dan kesadaran serta pemahaman segala ucapan dan sikap lahiriyahnya.

Dalil Yang Mewajibkan Sholat Dalam Ayat Al – Qur’an & Al- Hadist

Firman Allah.Swt Dalam Surat. Al-ankabut : 45

Artinya : “Dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al ankabut: 45)

Firman Allah Swt Dalam Thaaha : 14

Artinya : “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku”. (thaaha: 14).

Dari Imran Ibnu Hushoin R.A bahwa Nabi SAW bersabda:

“Sholatlah dengan berdiri jika tidak mampu maka dengan duduk jika tidak mampu maka dengan berbaring dan jika tidak mampu juga maka dengan isyarat.” HR. Bukhari.

Syarat Wajib Sholat

Terdapat persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan sholat, yaitu:

  1. Muslim/ Islam
  2. Berakal sehat/ Tidak Gila
  3. Baligh
  4. Suci dari hadas kecil & hadas besar
  5. Sadar/ Tidak Mabuk

Syarat Sah Sholat

Secara Sya’riat, Sholat dapat di katakan sah apabila ;

  1. Telah memasuki waktu sholat
  2. Menghadap ke kiblat
  3. Menutup aurat
  4. Suci badan dan tempat sholat serta pakaian yang digunakan terdapat najis
  5. mengetahui tata cara pelaksanaannya(Sholat)

Rukun Sholat

Berikut ini adalah Rukun-Rukun Sholat atau Sering di sebut dengan Rukun 13, yakni ;

  1. Niat
  2. Berdiri tegak bila mampu, dan diperbolehkan duduk atau berbaring bagi yang tidak mampu/sakit.
  3. Takbiratul ihram
  4. Membaca surat Al-fatihah pada setiap rokaatnya
  5. Ruku’
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Duduk Tasyahud Akhir
  10. Membaca tasyahud akhir
  11. Membaca shalawat Nabi
  12. Mengucap salam pertama
  13. Tertib (Dilakukan secara berurutan)

Demikianlah pembahasan kami mengenai Pengertian Sholat, Syarat Sah Sholat, dan Rukun-Rukun Sholat. Semoga menambah pengetahuan kita mengenai Sholat agar kita selalu belajar menyempurnakan sholat kita. Amiin..

Artikel lainnya :