Sejarah Pramuka

Posted on
Sejarah-Pramuka

Artikel makalah tentang Sejarah Pramuka indonesia, meliputi dari pengertian, tujuan, fungsi, lambang, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Apa Pramuka itu,,, merupakan sebuah lambang dengan kegiatan yang di dasari dari pendidikan non-formal dalam pengembangan skill dan pembentukan sebuah karakter.

Untuk lebih jelasannya lagi langsung saja simak pada artikel di bawaah ini:

Pengertian Pramuka

Pramuka merupakan salah satu organisasi atau sebuah gerakan dengan kepanduan pada proses dengan pendidikan dalam bentuk kepramukaan yang dapat dilaksanakan di Indonesia.

Dengan demikian organisasi pendidikan nonformal ini dapat di selenggarakan pada badan organisasi pendidikan kepanduan pramuka, sehingga terdapat dari singkatan dari praja muda karana

Pramuka Itu Sendiri 

Sebutan yang memilliki gerakan yang beranggota dari pramuka dalam pembina pamong saka, staf kwartir Untuk mejadi seorang dengan pelantikan menjadi anggota (satya) pramuka.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan diantaranya:

  • Kepramukaan sistem pendidikan dengan kelompok
  • Gerakan pramuka sebuah organisasi yang melaksanakan sistem nya
  • Pramuka sebuah anggota dengan gerakan

Baca Juga: Konferensi Meja Bundar

Tujuan Gerakan Pramuka

Tujujan Gerakan Pramuka sebuah penyelenggara yang di sebut sebagai pendidikan dari bagian nasional dengan tujuan untuk pembinaan bagi anak-anak muda untuk mencapai potensi sosial.

Tujuan dari Gerakan Pramuka
1. Membentuk kepribadian yang berakhlak mulia

2. Menanamkan semangan dan cinta terhadap tanah air

3. Meningkatkan keterampilan dan menjadai pribadi tang bermanfaat dan tangguh

4. Menjadi calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan

Sejarah Pramuka

Dari ulasan di atas yang membahas definisinya dan sesuai dari tema kami di sini kami akan pembahasan sejarah pramuka di Indonesia sehingga dapat dengan mudah mengetahui gerakan pramuka itu sendiri.

“Sejarah Pramuka Indonesia”

Gerakan pramuka yang terdapat di Indonesia sejak tahun 1912 yang didirikannya oleh badan organisasi Nederlandsche dan Padvinders Organisatie (NPO) bentukan dari negara Belanda sehingga pada tahun 1916 badan organisasi tersebut telah berganti nama yaitu Nederlands-Indische dan Padviders Vereeniging (NIPV).

Istilah dari Padvinders adalah organisasi Pramuka yang berada di negeri Belanda dan pada waktu itu sempat mendapat larangan dari Belanda dalam tokoh nasional untuk mengganti istilah dari Padvindery itu atau Kepanduan nya.

Pada tahun 1916 badan organisasi dapat bentukan dari bangsa Indonesia bernama pada Usai peristiwa Sumpah Pemuda dan bernafaskan nasionalis dan keagamaan di antaranya:

  • Padvinder Muhammadiyah berganti nama nya Hizbul Wathan .
  • Nationale yang didirikan oleh Budi Utomo.
  • Afdeling syareat islam yang didirikan oleh badan Syarikat Islam
  • Nationale Islamietische yang didirikan oleh Islamieten Bond.
  • Indonesisch Padvinders Organisatie yang didirikan oleh badan Pemuda Indonesia

Banyak sekali terdapat organisasi kepanduan Indonesia hingga membuat Persaudaraan Antara Indonesia sejak tanggal 23 Mei 1928 dengan beberapa badan organisasi Pada 1930 yang dirintis dari tokohbadan organisasi nya.

Pada masa penjajahan Jepang badan organisasi dengan gerakan pemuda sempat dilarang untuk bediri sehingga kepanduan tersebut tetap menyala di dada anggotanya.

Karena telah Diadakanlah dari Kongres Kesatuan organisai Indonesia pada tanggal 27-29 oktober 1945 di Surakarta dan hasil terbentuk dari Rakyat Indonesia.dengan Kebudayaan pada 1 januari 1947.

Pada akhirnya dari keputusan itulah dapat dianulir sebagai kelompok organisasi kepanduan Rakyat Indonesia dengan badan organisasi yang lain yakni Ikatan organisasi Indonesia untuk organisasi pandu wanita.

Baca Juga: Isi Perundingan Linggar Jati dan Sejarah

Fungsi Gerakan Pramuka di Indonesia

Dari uraian yang singkat di atas maka kepramukaan memiliki fungsi nya adalah sebagai berikut:

  • Kegiatan menarik bagi pemuda

Kegiatan menarik merupakan salah satu kegiatan yang dapat menyenangkan sehingga dapat mengandung pendidikan dengan melati kepribadian yang tangguh, Karena memiliki permainan yang harus ada tujuan dalam kegiatan yang hanya bersifat hiburan.

  • Pengabdian orang dewasa

Pengabdian Bagi orang yang dewasa karena kepramukaan bukan hanya permainan tetapi sebagai kegiatan dengan badan organisasi yang memiliki tugas dengan keikhlasan demi pencapaian tujuan organisasi nya.

  • Alat masyarakat badan organisasi

Kepramukaan sebagai alat bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga badan organisasi dapat mencapai tujuan dari organisasinya dengan adanya kegiatan kepramukaan.

Lambang Gerakan Pramuka

Ulasan tentang sejarah pramuka di atas karena hal itu merupakan gerakan pramuka dengan mengkiaskan cinta setiap anggota dari Gerakan Pramuka sehingga memiliki Lambang yang diciptakan oleh Bapak Soehardjo Admodipura.

Lambang-Pramuka

Salah satu seorang pembina Pramuka aktif yang bekerja pada lingkungan Departemen Pertanian sejak 17 Agustus 1961 dengan di ciptakannya Lambang dari Surat Keputusan badan Nasional Gerakan Pramuka No. 06/KN/72.

Perkembangan Gerakan Pramuka Indonesia

Perkembangan Gerakan Pramuka Indonesia yang pesat sehingga gerakan ini ditunjang dari ketentuan dengan Anggaran dari gerakan Pramuka dalam mengatur b beberapa metode badan organisasi pendidikan.

Ketentuan itu dapat membawa perubahan dengan adanya gerakan Pramuka karena dapat menjadikan gerakan yang lebih kuat secara badan organisasi yang semakin cepat berkembang dari kota ke desa.

Dengan adanya pengaturan dengan jelas tentang sistem Majelis dari Pembimbing yang tetap disiplin hingga dijalankan dari tingkatan Nasional atau dari tingkatan Gugus Depan.

Sejak tanggal 14 oktober 1961 telah resmi bahwa gerakan Pramuka dapat diperkenalkan ke seluruh rakyat Indonesia hingga bukan hanya di Jakarta dapat juga berkembang di seluruh Indonesia.

Demikianlah yang dapat kami sampikan mengenai pembahasan tentang sejarah pramuka dan beberapa referensi nya tentang pramuka Indonesia, semoga dengan adanya artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih telah berkunjung di halaman WEB kami.

Baca Juga: Sejarah dan Perkembangan Humas