Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Nabi dan Rasul [Lengkap]

Posted on

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Nabi & Rasul Beserta Artinya – Sifat wajib pada Rasul Allah adalah sifat yang harus dimiliki oleh para Nabi & Rasul yang mana beliau-beliau semua adalah pilihan Allah. Untuk lebih jelasnya lagi kami akan mengulas materi Sifat Wajib & Mustahil Pada Nabi dan Rasull lengkap beserta penjelasan yang lainnya yang ada pada Nabi dan Rasull, Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Nabi dan Rasul

 

Sifat Wajib & Mustahil Bagi Nabi & Rasul

Sifat wajib pada Rasul Allah adalah sifat yang harus dimiliki oleh para Nabi & Rasul yang mana beliau-beliau semua adalah pilihan Allah. Sedangkan sifat mustahil pada Nabi & Rasul merupakan sifat yang mustahil atau tidak mungkin dimiliki oleh para Nabi & Rasul, karena beliau-beliau semua terjaga dari dosa (Maksum), tentunya itu semua atas kehendak Allah Swt.

Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Rasul

Seperti pernyataan diatas, bahwa Nabi & Rasul memiliki sifat wajib dan sifat mustahilnya. Hal itu terjadi karena   memang sudah menjadi kehendak dari Allah SWT. Semua tidak lain agar Nabi dan Rasul bisa menjadi panutan bagi kita. Adapun penjelasan dari kedua sifat tersebut akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Sifat wajib bagi Nabi dan Rasul

Berikut ini adalah sifat wajib bagi Nabi & Rasul ada empat macam , yaitu:

1. Sidiq

Sidiq ini memiliki arti jujur atau benar, maksudnya nabi & Rasul dilindungi oleh Allah SWT. kejujurannya dan kebenarannya. Maka beliau tidak akan ingkar dengan yang dikatakan oleh Nabi & Rasul kepada umatnya karena mereka merupakan hamba-hamba pilihan Allah SWT.

2. Amanah

Amanah memiliki arti dapat dipercaya , seperti pernyataan diatas bahwa Nabi & Rasul tidak akan  pernah ingkar ataupun berdusta. Nabi & Rasul dapat dipercaya  untuk melakukan apapun yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada beliau-beliau.

3. Tabligh

Tabligh ialah  sifat yang artinya meyampaikan, jadi memang tugas utama beliau-beliau adalah menyampaikan pesan-pesan Allah SWT atau menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada umat mereka.

4. Fathonah

Fathonah ialah sifat yang memiliki arti  cerdas, Nabi & Rasul diberikan oleh Allah Swt kecerdasan agar beliau- beliau dapat  memerangi umat-umat yang tidak berada dijalan yang benar  dan mengajaknya untuk berada dijalannya Allah Swt atau jalan yang di ridhoi oleh Allah SWT.

  • Sifat mustahil bagi Rasul

Kalau pernyataan diatas adalah sifat wajib bagi Nabi & Rasul, berikut ini adalah sifat mustahil yang ada pada Nabi & Rasul.

1. Kidzib

Kidzib yang artinya adalah  dusta atau bohong, hal yang tidak akan dimiliki  oleh Nabi dan Rasul. Beliau- beliau terhindar dari sifat tersebut.

2. Khianat

Khianat yang memiliki arti tidak dapat dipercaya, Nabi &Rasul adalah hamba-hamba yang dipilih oleh Allah untuk menyampaikan dan menyebarkan agama islam kepada umat manusia.Nabi & Rasul tidak akan mungkin  memiliki sifat yang tersebut.

3. Kitman

Kitman yang artinya adalah menyembunyikan  menyembunyikan, seperti yang dikatakan diatas bahwa Nabi & Rasul adalah hamba-hamba yang telah dipilih oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan dan wahyu Allah kepada umat manusia, tidak akan mungkin jika beliau- beliau mememiliki sifat tersebut.

4. Baladah

Baladah yang memiliki  arti bodoh, sudah diterangkan diatas  bahwa Nabi & Rasul adalah hamba-hamba yang telah dipilih oleh Allah SWT, maka tidak akan  mungkin Allah memilih pilihan yang bodoh.

Perbandingan Sifat Wajin dan Sifat Mustahil bagi Rasul

Dibawah ini adalah perbandingan masing-masing  sifat wajib dan sifat mustahil bagi Nabi & Rasul

1. Siddiq >< Kidzib

Nabi & Rasul Allah mempunyai  sifat siddiq yaitu jujur dalam perkataan maupun perbuatan. Nabi Muhammad sejak beliau kecil sudah dikenal dengan sifat jujurnya. Dan tidak akan mungkin Nabi &Rasul memiliki sifat kidzib, karena mereka ditugaskan untuk menyampaikan ajaran-ajaran Allah SWT. Salah satu sifat  agar dipercaya orang yaitu jujur, sehingga tidak mungkin orang yang telah dipilih oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaranNya mempunyai sifat kidzib.

2. Fathanah >< Baladah

Tidak ada satupun seorang Nabi & Rasul yang telah dipilih Allah yang memiliki sifat bodoh (baladah). Karena Nabi & Rasul diberi akal dan pikiran yang sangat cerdas. Cerdas dalam hal apapun, contohnya; perencanaan, pelaksanaan, strategi dakwah dan lain-lain.

3. Tabligh >< Kitman

Nabi & Rasul mempunyai sifat tabligh, yaitu bahwa Nabi dan Rasul menyampaikan yang semestinya disampaikan. Wahyu yang telah diterima oleh beliau-beliau seluruhnya disampaikan kepada seluruh umatnya dan tidak satupun yang disembunyikan. Sehingga Nabi & Rasul tidak mungkin memiliki sifat menyembunyikan (kitman)  menyembunyikan.

4. Amanah >< Khianat

Nabi & Rasul mempunyai sifat amanah yang artinya dapat dipercaya. Nabi & Rasul tidak akan berkhianat. Karena sikap dan prilaku beliau-beliau tidak mungkin melanggar larangan, perintah dan aturan-aturan Allah serta tidak menyimpang dari ajaran-Nya.

Demikianlah pembahasan kami mengenai materi Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Nabi & Rasul Beserta Artinya, semoga bermanfaat. 

Artikel lainnya: